0Shares

Minggu 6 Oktober 2019, santri Madrasah Darus-Sunnah (MDS) mengikuti kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar dengan masyarakat Pisangan Barat Ciputat.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Bapak Syamsudin, selaku ketua RT. 02/RW. 09. Tepat pukul 07.00 WIB, santri MDS sudah mulai bersiap-siap. Setelah diadakan pembekalan di waktu apel pagi, puluhan santri tersebut langsung menuju lokasi kerja bakti.

Nampak dari mereka membawa sapu, pengki, plastik sampah, dan peralatan lainnya. Hampir selama 2 jam, santri usia SMA itu antusias membaur dengan warga. Ada yang mencabuti rumput, memotong tanaman liar, memungut sampat, membersihkan selokan, dan mendorong gerobak sampah.

Setelah dirasa cukup, ibu-ibu warga sekitar lantas menghidangkan minuman dan ragam camilan. Sambil melepas penat, santri MDS nampak akrab berbincang dengan warga.

Ustadz Imam Budiman, Lc., S.S.I, selaku wali kelas VI yang mendampingi kerja bakti menyatakan bahwa kegiatan ini sangat penting.

Selain untuk menguatkan rasa pengabdian santri, momen kerja bakti tersebut bisa menjadi wahana pembelajaran. Santri akan merasakan langsung bagaimana berinteraksi dengan masyarakat. Memahami struktur masyarakat, serta merasakan semangat solidaritas sosial.

Jika di dalam kelas, mereka belajar memahami konsep-konsep ilmu sosial, tetapi dengan outing class berupa kerja bakti ini, santri dapat melihat, melakukan, dan merasakan langsung konsep-konsep tersebut.

Hal senada juga dirasakan oleh Muhammad Zaid, santri kelas IV MDS. Zaid menuturkan bahwa dengan mengikuti kerja bakti ini, santri mendapatkan banyak pengalaman dan manfaat. Di antaranya ialah mengasah semangat berkhidmah.

Dimanapun dan kapanpun nantinya, santri harus siap berkhitmah untuk umat. Spirit inilah yang harus terus diasah oleh santri. Hal ini sejalan dengan momen bulan Oktober sebagai bulan santri. Dimana pada 22 Oktober 2019 nanti akan diperingati Hari Santri Nasional.

Semoga santri terus bisa berbakti dan mengabdi untuk negeri.