0Shares

Hari ini, Sabtu 28 September 2019, Madrasah Darus-Sunnah (MDS) mendelegasikan 6 santrinya untuk mengikuti olimpiade matematika (OPTIKA) tingkat nasional. Olimpiade ini diadakan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan melibatkan madrasah dan sekolah Islam se-Indonesia. Dibagi menjadi tiga jenjang; MI/SD, MTs/SMP, dan MA/SMA.

Tahun ini, MDS mengikuti jenjang SMP dan SMA. Tiga santri di jenjang SMP atas nama Narendra Ridha Baihaqi (III), Aidil Anhar Miftah (II), dan Muhammad Farid Aziz (I). Sedangkan tim tingkat SMA diwakili oleh Muhammad Riyan Haidar Ali (III), Sunan Kanjeng Mustopo (II), dan Muhammad Zaid (I). Kedua tim ini di bawah bimbingan guru mata pelajaran keagamaan berbasis sains dan teknologi.

Ustadzah Hisna Humaira, selaku guru pendamping menyatakan bahwa keikutsertaan MDS dalam ajang yang OPTIKA ini tidak lain adalah untuk mengasah kemampuan santri dalam bidang sains. Sebagaimana terumuskan dalam komponen kurikulum, salah satu materi ajar MDS adalah pendidikan agama yang berbasis sains dan teknologi.

Dengan harapan, semoga kelak santri MDS menjadi generasi yang tidak hanya (sekedar) lihai membaca kitab kuning saja, tetapi juga cakap memahami dan mengerti logika kemajuan sains dan teknologi. Amiin.