0Shares

Catatan Singkat Bedah Tesis Khoirul Anwar Afa

Siang ini, Minggu 20 Januari 2019, Keluarga Mathaliul Falah (KMF) Jakarta dan Sanam Foundation bekerja sama dengan Ma’had Darus Sunnah menggelar tadarus pemikiran Kiai Sahal Mahfudh. Tema yang dikaji adalah tafsir sosial dalam formulasi fikih sosial yang diusung Kiai Sahal. Topik ini merupakan objek penelitian Kang Khoirul Anwar untuk menyelesaikan studi magisternya di Institute Ilmu al-Qur’an (IIQ) Jakarta.

Tesis yang disidangkan pada 2018 ini mencoba mengulik tipe tafsir yang digunakan oleh Kiai Sahal dalam mekonstruksi konsep fikih sosial. Lebih dari itu, Kiai Sahal juga telah mewujudkan konsep tersebut dalam tataran praksis. Semisal pendirian Rumah Sakit Islam dan Bank Arta Huda di Pati. Sebagaimana diketahui, simpan pinjam beserta bunganya oleh sebagian kalangan dihukumi haram secara mutlak. Namun nyatanya, Kiai Sahal malah mendirikan bank.

Dari penelitian ini, penulis yang juga alumni Fakultas Ushuludin Perguruan Tinggi Ilmu al-Qur’an (PTIQ) Jakarta dan Pesantren Kajen Pati itu mampu menyodorkan beragam data untuk mengeklaim bahwa Kiai Sahal tidak sekedar ahli fikih semata, tetapi juga seorang mufassir (ahli tafsir). Khususnya dalam cakupan tafsir ijtima’i (tafsir sosial).

Lantas inspirasi apa yang dapat kita petik dari beliau? Proyek pemikiran dan langkah taktis apa yang harus kita tindak lanjuti?

Membincang sepak terjang ulama memang sangat menggairahkan. Dari sanalah rahmat dan keberkahan diturunkan. (M. Hanifuddin)